PENILAIAN TINGKAT KEMATANGAN MODEL TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI INFRASTRUKTUR TERKAIT DELIVERY AND SUPPORT DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN MENGGUNAKAN COBIT 4.1

Rendy Akbar Ginanjar, Alumni and Sali Alas Majapahit, DS and Iwan Kurniawan, DS and Rita Rijayanti, DS (2015) PENILAIAN TINGKAT KEMATANGAN MODEL TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI INFRASTRUKTUR TERKAIT DELIVERY AND SUPPORT DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN MENGGUNAKAN COBIT 4.1. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Laporan_Tugas_Akhir_123040185.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Makalah_123040185.pdf

Download (889kB) | Preview
[img] Text
Laporan_Tugas_Akhir_123040185.docx

Download (1MB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Lingkungan belajar seperti kampus-kampus saat ini sudah sangat mengacu kepada misi kampus yang berbasis informatika sebagai pusat layanan informasi pembelajaran mahasiswa dan staf di kampus Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung. Seiring dengan berjalannya layanan IT yang sudah tersedia di FT Unpas ini, metode tata kelola dalam memelihara bagian perangkat keras dari infrastruktur, tentunya sudah dimiliki oleh FT Unpas. Namun, sering terjadi permasalahan ketika perangkat keras serta fitur-fitur terbaru dari pihak pengelola bermunculan tanpa ada standar pengelolaan yang cukup baik. Untuk memastikan selalu tersedianya Layanan IT di FT Unpas, dilakukan pengukuran dari segi Layanan, Tingkat Kepuasan para pengguna dan pengelolaan Perangkat Keras, dengan mengacu kepada 4 domain Delilvery and Support COBIT 4.1 yaitu DS3 Manage Performance and Capacity, DS4 Ensure Continuous Services, DS8 Manage Service Desk and Incidentas dan DS13 Manage Operations. Langkah – langkah penelitian ini dimulai dari perencanaan penelitian, perancangan model pengukuran, penyebaran kuesioner dan melakukan pengolahan data hingga melakukan evaluasi akhir yang menghasilkan sebuah model tata kelola dengan rekomendasi sesuai dengan Maturity Model COBIT. Hasil dari pengolahan data yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa model tata kelola yang digunakan saat ini, memiliki nilai gap yang tidak tinggi untuk layanan IT yang sudah pihak pengelola berikan kepada para pengguna, sehingga para pengguna cukup puas. Tugas akhir ini juga menghasilkan suatu kesimpulan, bahwa metode tata kelola infrastruktur untuk fasilitas perangkat keras layanan IT yang sedang berjalan di FT Unpas sudah cukup baik. Kata kunci: Model, Tata Kelola Teknologi Informasi, Perangkat Keras, Layanan IT, Delivery and Support, Maturity Model, COBIT 4.1, gap.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2015
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 13 Feb 2017 02:51
Last Modified: 13 Feb 2017 02:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26875

Actions (login required)

View Item View Item