PENGUKURAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION (Studi Kasus : Aplikasi Praktikum Program Studi Teknik Informatika Unversitas Pasundan Bandung)

Muhamad Arif Budiman, Alumni and Sandhika Galih Amalga, ds and Sali Alas Majapahit, DS (2015) PENGUKURAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION (Studi Kasus : Aplikasi Praktikum Program Studi Teknik Informatika Unversitas Pasundan Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Abstrak_103040054.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_dll_103040054.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata_pengantar_103040054.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_103040054.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab3_103040054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab2_103040054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab4_103040054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

User experience(UX) merupakan ilmu yang mengkaji tentang apa yang dirasakan oleh pengguna dalam menggunakan sistem sehingga mendapatkan kepuasan setelah menggunakannya. Untuk mengukur kepuasan perlu dilakukan evaluasi pada website itu sendiri. Evaluasi menurut Calongesi (1995) adalah suatu keputusan tentang nilai berdasarkan hasil pengukuran. jadi merujuk pada teori tersebut, kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengukur perangkat lunak yang telah dibuat. Beberapa ahli menyebutkan bahwa untuk mengevaluasi user experience dibutuhkan metode yang ada pada evaluasi usability. Oleh karena itu beberapa metode evaluasi usability menjadi bagian dari pengujian dalam penelitian ini, salah satu diantaranya yakni heuristic evaluation. Pada penelitian ini, objek yang diukur adalah aplikasi praktikum Program Studi Teknik Informatika UNPAS. Langkah-langkah pengukuran dalam penelitian ini berupa kegiatan perencanaan penelitian dengan cara melakukan observasi terhadap aplikasi praktikum, setelah itu dilakukan kegiatan analisis meliputi : menentukan metode variabel yang dipakai dalam pengukuran, menentukan alat ukur, membuat rancangan alat ukur. Setelah itu dilakukan pengujian terhadap pengguna aplikasi, cara pengujian dilakukan sesuai dengan hal-hal yang ditetapkan pada proses analisis dari teori yang didapatkan. Berdasarkan hasil pengukuran didapatkan bahwa 75,38% tingkat user experience aplikasi praktikum masuk dalam kategori baik. Nilai tersebut didapatkan dari hasil uji tingkat usability menggunakan metode heuristic evaluation, dengan presentase yang didapatkan sebesar 66,04% dan termasuk kedalam kategori baik. Serta tingkat efektiftas navigasi pada aplikasi praktikum sebesar 84,72% dalam kategori baik. Kata kunci : UX, kepuasan pengguna, evaluasi, website, pengukuran, usability, heuristic evaluation, efektiftas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2015
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 11 Feb 2017 01:45
Last Modified: 11 Feb 2017 01:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26817

Actions (login required)

View Item View Item