ANALISIS USABILITY WEBSITE PENGADAAN BARANG/JASA SECARA ELEKTRONIK (E-PROCUREMENT ) (Studi Kasus : PT Pos Indonesia (Persero))

Dina Purwaning Rahayu, Alumni and Caca Emile Supriana, DS (2015) ANALISIS USABILITY WEBSITE PENGADAAN BARANG/JASA SECARA ELEKTRONIK (E-PROCUREMENT ) (Studi Kasus : PT Pos Indonesia (Persero)). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Abstrak_113040105.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_dll_113040105.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata_Pengantar_113040105.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_113040105.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
Bab2_113040105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
Bab3_113040105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab4_113040105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab5_113040105.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT Pos Indonesia (Persero) merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos. PT Pos Indonesia (Persero) memiliki berbagai bisnis utama yaitu berupa layanan surat, paket, jasa keuangan dan logistik. Pengadaan barang merupakan salah satu bidang bisnis yang berkaitan dengan banyak aspek sehingga banyak menerapkan teknologi informasi dalam mendukung proses pengadaan barang dan jasa. E-Procurement merupakan sistem pengadaan barang atau jasa dengan menggunakan teknologi informasi seperti internet yang memanfaatkan media web. Pemanfaatan e-procurement menjadikan proses pengadaan dapat dilaksanakan dengan efektif, efisien, membantu perusahaan dalam mencatat seluruh transaksi yang terjadi selama proses pengadaan sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Kemudahan dalam mengakses website e-procurement tidak lepas dari usability website tersebut yang berpengaruh bagi pengguna. Website yang dibangun harus memiliki usability yang baik karena bukan hanya harus dapat digunakan oleh semua pengguna tetapi juga sistem tersebut harus dapat dengan mudah membantu menyelesaikan kegiatan pengadaan barang/jasa. Usability merupakan ukuran dari kualitas pengalaman pengguna ketika berinteraksi dengan sistem atau produk, apakah produk atau sistem tersebut berupa aplikasi perangkat lunak seperti website, teknologi bergerak, maupun peralatan lain yang digunakan oleh pengguna. Penelitian ini dilakukan untuk menilai tingkatan usability pada website e-procurement dengan melakukan analisis dengan menggunakan konsep usability Jakob Nielsen yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction.Hasil akhir dari tugas akhir ini adalah untuk mendapatkan tingkat usability pada website e-procurement di PT Pos Indonesia (Persero), sehingga dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan usability dari website e-procurement pada tingkatan yang tepat dan sesuai harapan. Kata kunci: PT Pos Indonesia (Persero), Pengadaan, Website, E-Procurement, Usability

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2015
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 07 Feb 2017 04:51
Last Modified: 07 Feb 2017 04:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26667

Actions (login required)

View Item View Item