PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMAN 20 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SEKAR PUSPA SARISATI, 095030162 (2017) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMAN 20 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER - selesai.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7a. ABSTRACT.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Pendahuluan - selesai.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 Kajian Teori Dan Kerangka Pemikiran - selesai.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Memproduksi teks drama adalah kegiatan menulis karya sastra dengan tujuan, menghasilkan cerita berbentuk prolog, dialog, dan epilog. Model Experiental Learning merupakan model pembelajaran yang menggali pengalaman siswa untuk dikaitkan dengan pemebelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran memproduksi teks drama dengan model Experiental Learning pada siswa kelas XI SMAN 20 Bandung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1)Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran siswa dalam memproduksi teks drama dengan menggunakan model pembelajaran Experiental Learning pada siswa kelas XI SMAN 20 Bandung? 2)Mampukah siswa kelas XI SMA Negeri 20 Bandung memproduksi teks drama dengan struktur, kaidah dan ciri kebahasaan dengan tepat? 3)Efektifkah model pembelajaran Experiental Learning digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks drama pada siswa kelas XI SMAN 20 Bandung? Hipotesis yang diajukan adalah: 1)Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks drama dengan menggunakan model Experiental Learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Bandung. 2)Siswa kelas XI SMAN 20 Bandung mampu memproduksi teks drama dengan struktur, kaidah, dan ciri kebahasaan dengan tepat. 3)Metode Experiental Learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks drama berdasarkan struktur pada siswa kelas XI SMAN 20 Bandung. Metode penelitian yang diterapkan yaitu metode kuantitatif dengan jenis pre-experimentreseach designdengan mengimplementasikan The One Group Pretest-Postest Designyaitu menguji peningkatan kompetensi menulis teks dramapeserta didikdengan menggunakan modelpembelajaran Experiental Learning. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. 1)Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai / pembelajaran memproduksi teks drama dengan menggunakan model pembelajaran Experiental Learning pada siswa kelas XI SMAN 20Bandung. Hal ini didukung dengan hasil penilaian RPP bernilai 3,94 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,71, jika dirata-ratakan sebesar 3,78 termasuk kategori Baik Sekali. 2)Siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri20Bandungmampumemproduksi teks drama dengan struktur, kaidah, dan ciri kebahasaan dengan tepat. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata pretes sebesar 47,56 ke nilai rata-rata postes sebesar 78,87, jadi ada selisih sebesar 31,31. 3)Modelpembelajaran Experiental Learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teksdrama. Hal ini di buktikandengansiswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri20 Bandung memberikanrespon positifsetelah pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan Model pembelajaran Experiental Learning yang digunakan sebagai model pembelajaran dalam memproduksi teks drama.Selain itu, berdasarkan perhitungan statistik diketahui thitung tt abelyakni23,18>2,70Pada taraf signifikansi 5% tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 43. Kata kunci : Pembelajaran, memproduksi, teks drama, model experiental learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Feb 2017 07:17
Last Modified: 23 Aug 2017 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26583

Actions (login required)

View Item View Item