Hafsah Haristia Haq. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Game Tournament Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Materi Pokok Kerajaan Hindu, Budha dan Islam.

HAFSAH HARISTIA HAQ, 115060301 (2016) Hafsah Haristia Haq. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Game Tournament Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Materi Pokok Kerajaan Hindu, Budha dan Islam. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPS materi pokok Kerajaan Hindu, Budha dan Islam di kelas V SDN Cirendeu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan respon siswa mengenai pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Teams Game Tournament serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan terhadap materi tersebut setelah pembelajaran IPS menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Teams Game Tournament. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui II siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan yang muncul pada siklus I siswa masih belum kondusif terutama pada saat pelaksanaan turnamen dikarenakan siswa belum terbiasa bekerja secara kelompok. Pada siklus II siswa dan guru secara umum telah menunjukkan respon positif, serta terdapat peningkatan kemampuan pemahaman pada materi Kerajaan Hindu, Budha, dan Islam, pada setiap siklus selama penelitian berlangsung. Peningkatan kemampuan pemahaman pada materi Kerajaan Hindu, Budha, dan Islam dibuktikan dengan peningkatan nilai siswa disetiap siklus. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 63,5, dan pada siklus II adalah 87,5, peningkatan aktivitas guru yang semula hanya 74% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II, peningkatan aktivitas siswa yang semula hanya 61% pada siklus I menjadi 89%. Dari hasil evaluasi pada siklus I ketuntasan klasikalnya sebesar 39,2% menjadi 92,8%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan Cooperative Learning Tipe Teams Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS dengan materi pokok Kerajaan Hindu, Budha dan Islam pada siswa kelas V SDN Cirendeu Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Kata Kunci : penerapan, model Cooperative Learning Tipe Teams Game Tournamen, hasil belajar, IPS, Kerajaan Hindu, Budha dan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 01 Apr 2016 07:02
Last Modified: 01 Apr 2016 07:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1846

Actions (login required)

View Item View Item