Bagus Ismail, 115030149 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESING PADA SISWA KELAS X MA PERSIS KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
0. ABSTRAK.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
1. BAB 1.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text
cover.rtf Download (862kB) |
Abstract
ABSTRAK Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam proses komunikasi. Menulis dapat membuat seseorang lebih mengenali kemampuan dan potensinya. Semua siswa tentu memi-liki potensi menulis, termasuk menulis puisi Model Meaningful Instructional Desing, me-rupakan salah satu media pembelajaran yang memberikan inspirasi dalam mengemukakan gagasan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menulis Puisi dengan menggunakan model Meaningful Instructional Desing pada siswa kelas X MA PERSIS Kota Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan Model Meaningful Instructional Design (MID) siswa kelas X MA Persis Bandung? (2) Mampukah siswa kelas X MA Persis kota Bandung menulis puisi yang berfokus pada puisi romansa? (3) Efektifkah meaningful instructional design (MID) digunakan dalam pembelajaran menulis puisi dengan berfokus pada puisi romansa siswa kelas X MA Persis Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis puisi de-ngan menggunakan model meaningful instructional design (MID). (2) Siswa kelas X mampu menulis puisi dengan menggunakan model meaningful instructional design (MID). (3) Model Meaningful Instructional Desing (MID) tepat digunakan Dalam Pembelajaran Me-nulis puisi di kelas X Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menyusun puisi dengan menggunakan model Model Meaningful Instructional pada siswa kelas X MA Persis Kota Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,6 Kemampuan penulis termasuk kategori baik sekali. 2) Siswa kelas X MA PERSIS Bandung mampu menulis Puisi menggunakan model Model Meaningful Instructional. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 3,4 dan nilai rata-rata postes 7,8 Peningkatannya sebesar 17%. 3) Model Meaningful Instructional tepat digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel (59,15 > 24,37) pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 26. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Berdasarkan data dan hasil penelitian di atas, maka disimpulkan bahwa hasil penelitian yang penulis lakukan dapat diterima. Kata Kunci : Pembelajaran, menulis, puisi, model Model Meaningful Instructional.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 07:25 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 07:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1622 |
Actions (login required)
View Item |