HERU PAHRUROJI, NIM 105030036 (2016) PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA FABEL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK LOCI PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-HUSAINIYYAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text
COVER.docx Download (60kB) |
Abstract
ABSTRAK Teks Fabel adalah cerita yang mengisahkan kehidupan hewan yang berperilaku seperti manusia dan di dalamnya terdapat pesan moral yang disampaikan. Teknik loci adalah teknik menghafal atau mnemonic dengan menggunakan alat ungkit atau cantolan-cantolan dalam menghafal suatu pengetahuan teoretis ataupun praktis sehingga proses belajar akan semakin mudah. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran menyusun teks cerita fable dengan menggunakan teknik loci pada siswa kelas VIII SMP Al-Husainiyyah Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyusun teks cerita fable dengan menggunakan teknik loci pada siswa kelas VIII SMP Al-Husainiyyah Bandung?; 2) mampukah siswa kelas VIII SMP Al-Husainiyyah Bandung dalam menyusun teks cerita fable dengan tepat?; dan 3) efektifkah teknik loci digunakan dalam pembelajaran menyusun teks cerita fable pada siswa kelas VIII SMP Al-Husainiyyah Bandung ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa dan keefektifan teknik loci dalam pembelajaran menyusun teks cerita fable pada siswa kelas VIII SMP Al-Husainiyyah Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyusun teks cerita fable dengan menggunakan teknik loci pada siswa kelasVIII SMP Al-Husainiyyah Bandung; 2) siswa kelas VIII SMP Al-Husainiyyah Bandung mampu menyusun teks cerita fable dengan struktur, dan cirri kebahasaan yang tepat; dan 3) teknik loci efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun teks cerita fable pada siswa kelas VIII SMP Al-Husainiyyah Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyusun teks cerita fable dengan menggunakan teknik loci pada siswa kelasVIII SMP Al-Husainiyyah Bandung. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,9 dan pelaksanaan sebesar 3,7. 2. Siswa kelas VIII SMP Al-Husainiyyah Bandung mampu menyusun teks cerita fable dengan struktur, dan cirri kebahasaan yang tepat. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 54,6 (55) dan nilai rata-rata posttest yaitu 87,32 (88). Jadi, ada peningkatan sebesar 32,9. 3. Teknik loci efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun teks cerita fable pada siswa kelas VIII SMP Al-Husainiyyah Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung4,8>ttabel2,06 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 24. Hal ini membuktikan bahwa teknik lociefektif digunakan dalam pembelajaran menyusunteksceritafabel. Kata kunci: Pembelajaran, menyusun, teksceritafabel, teknik loci.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 07:05 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 07:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1618 |
Actions (login required)
View Item |