CHYNTIA REDHA MUFTI, 125010053 (2017) OPTIMALISASI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMA Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Media memiliki peranan penting di dalam tercapainya proses pembelajaran. Media sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar adalah suatu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri keberadaannya. Pada saat ini keberadaan media audio visual sangat membantu tugas guru dalam menyampaikan pesan-pesan dan bahan pelajaran yang akan disampaikan oleh guru kepada peserta didik. Selain itu, media audio visual sangat penting untuk peserta didik dikarenakan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Tujuan yang penulis ajukan adalah Tujuan secara umum yaitu ingin mengetahui sejauh mana optimalisasi media audio visual dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Nasional Bandung. adapun tujuan khusus Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran PKn kelas XI SMA Nasional Bandung; Untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan media audio visual pada mata pelajaran PKn kelas XI SMA Nasional Bandung; Untuk mengetahui bagaimana hambatan dan solusi pengoptimalisasian media audio visual pada mata pelajaran PKn kelas XI SMA Nasional Bandung. Adapun rumusan masalah dalam dalam penelitian ini yaitu 1)Bagaimana pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran PKn SMA Nasional Bandung? 2)Bagaimana dampak penggunaan media audio visual pada mata pelajaran PKn SMA Nasional Bandung? 3)Bagaimana hambatan dan solusi pengoptimalisasian media audio visual pada mata pelajaran PKn kelas XI IIS SMA Nasional Bandung? Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Intensitas dan kualitas guru dalam menggunakan media audio visual sangat berpengaruh dalam motivasi belajar peserta didik di SMA Nasional Bandung sesuai dengan hasil penelitian. 2. Penguasaan materi pelajaran merupakan komponen utama yang harus dimiliki oleh guru dalam proses pembelajaran, berhasil atau tidaknya proses pembelajaran sangat ditentukan oleh menguasai atau tidaknya guru terhadap bahan ajar yang akan disajikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa optimalisasi media audio visual dalam pembelajaran pkn untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dilihat dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh penulis berada dalam kategori baik. 3. Kemampuan guru berkomunikasi dalam proses pembelajaran dituntut untuk lebih komunikatif dan mampu menciptakan komunikasi yang berimbang antara guru dan peserta didik sehingga terjalin komunikasi yang didaktis dan paedagogis sehingga tercipta suasana Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Epektif dan Menyenangkan (PAKEM). Kata Kunci: Optimalisasi, Media, Audio visual, dalam Pembelajaran PKn, Untuk Meningkatkan, Motivasi, Belajar, Peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Feb 2017 07:05 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 07:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15896 |
Actions (login required)
View Item |