PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PENGARUHNYA PADA SIKAP SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI ADI ARIF BUDIMAN*

ADI ARIF BUDIMAN, NPM : 138060044 (2017) PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PENGARUHNYA PADA SIKAP SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI ADI ARIF BUDIMAN*. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL PBL Adi arif.docx

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Penalaran dan Komunikasi matematis siswa. Penelitian ini mengkaji tentang, Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi matematis Siswa dan perbedaan antara siswa yang menerapkan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, serta hubungan kemampuan Penalaran dan Komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methods tipe embedded. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTS Negeri 7 Indramayu yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017.Sampel yang digunakan adalah dua kelas dari 6 kelas yang ada. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument tes kemampuan Penalaran dan Komunikasi matematis siswa, skala sikap, lembar observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan rerata yaitu Uji-t (kuantitatif) dan deskripsi (kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peningkatan kemampuan Penalaran matematis siswa yang menerapkan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional 2)Peningkatan Kemampuan Penalaran matematis siswa yang menerapkan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional. 3) Terdapat Asosiasi antara kemampuan Penalaran dan Komunikasi matematis siswa, 4) sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Penalaran matematis, Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 02 Feb 2017 09:17
Last Modified: 02 Feb 2017 09:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15791

Actions (login required)

View Item View Item