PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian tindakan kelas pada materi Hak Asasi Manusia di kelas XI IPA SMAN 1 Katapang)

Amhad Apiarohmat, 115010025 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian tindakan kelas pada materi Hak Asasi Manusia di kelas XI IPA SMAN 1 Katapang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Ramon.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Hak Asasi Manusia melalui Metode think, pair and share terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Katapang. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Katapang pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Selama ini pembelajaran masih berorientasi kepada guru, sedangkan peserta didik hanya sebagai objek ajar yang sering kali hanya diberi informasi saja. Hal ini disebabkan metode ceramah yang digunakan oleh guru belum tepat, sehingga pembelajaran berlangsung secara sepihak dan kurang adanya partisipasi aktif dari peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dan peneliti, dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Katapang yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode think, pair and share mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observsai, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode think, pair and share dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini di tunjukkan dengan meningkatnya hasil observasi penilaian RPP sebagai rencana pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan peneliti sebagai guru dapat meningkat terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Pada pra tindakan nilai hanya 45,00 jika di persentasekan yaitu 16%. Pada siklus I telah meningkat,yaitu 60,00 jika di persentasekan 41% sedangkan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dengan nilai ratarata 75 dengan persentase 84%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa metode think, pair and share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Metode Think, Pair and Share, Peningkatan, Pemahaman, dan Prestasi Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 02 Feb 2017 02:51
Last Modified: 02 Feb 2017 02:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15713

Actions (login required)

View Item View Item