FAJAR MUHAMAD, 115060350 (2017) PENGGUNAAN MODEL INKUIRI DENGAN MEDIA FILM DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS V SDN PASEH 2 KECAMATAN PASEH , KABUPATEN SUMEDANG (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Paseh 2 Kec. Paseh Kab. Sumedang Tahun Ajaran 201 5 / 201 6) SKRIPSI disusun untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Oleh : o leh FAJAR MUHAMAD NPM 115 060350 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
ABSTRACT inggris.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK sunda.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penggunaan Model Inkuiri dengan Media Film dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Siswa Kelas V SDN Paseh 2 Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang Penelitian ini dilatar belakang i oleh masalah kemampuan menyimak pelajaran pada siswa kelas V SDN Paseh 2 yang rendah pada pelajaran bahasa Indonesia dikarenakan proses belajar mengajar yang kurang menarik , sehingga membuat kemampuan menyimak siswa rendah . R umusan masalah yang akan diteliti m eliputi kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 sebelum menggunakan media film dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat , langkah - langkah penggunaan model dan media, serta kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 setelah menggunakan model inkuiri . Penelitian ini bert ujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 sebelum menggunakan model inkuiri dengan m edia film dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat, langkah - langkah penggunaan model inkuiri dan med ia dalam pembelajaran, serta kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 setelah menggunakan model inkuiri dengan media film . Metode penelitian ini meng gunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) . Objek dari penelitian adalah si s wa kelas V SDN Paseh 2 . T ekni k pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah lembar tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian pada tahap pra siklus yaitu 80 % siswa belum tuntas, dan 20 % siswa sudah tuntas . Hasil dari a ktivitas siswa pada siklus I ada 5 siswa dan siklus II ada 31 siswa yang dinyatakan tuntas . A ktivitas guru pada siklus I mencapai 78% dan siklus II 93%, sedangkan h asil tes menyimak p elajar an dari siswa kelas V SDN Paseh 2 pada siklus I mencapai 40 % yang tuntas dan siklus II mencapai 83 % yang tuntas . Dengan demikian , pembelajaran menggunakan model i nkuiri dinyatakan berhasil . Kata kunci: Model p embelajaran i nkuiri , kemampuan menyimak, media film .
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Feb 2017 07:07 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 07:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15686 |
Actions (login required)
View Item |