PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SILSWA PADA KONSEP BAKTERI

MELIANSYAH, 125040129 (2017) PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SILSWA PADA KONSEP BAKTERI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA CIMEY.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode problem solving agar bisa meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa pada konsep bakteri di SMA Pasundan 2 Cimahi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X-I IPA SMA Pasundan 2 Cimahi, yaitu kelas X-I IPA dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design tanpa adanya kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 30 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah diuji cobakan sebelumnya. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil uji t signifikan karena t hitung> t tabel sebesar 16,21 > 2,68 Hasil pengolahan data penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tolak Ho sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest sebesar 41,66 dan rata-rata pottest sebesar 81,13, Metode problem solving lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan memacu semangat belajar siswa. Hal ini di dibuktikan dengan nilai rata-rata antara pretest dan posttest yang meningkat diperoleh siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving pada materi bakteri. Kata Kunci : Problem Solving, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 01 Feb 2017 04:34
Last Modified: 01 Feb 2017 04:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15668

Actions (login required)

View Item View Item