PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI MAKNA TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BURSA KALIMAT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 18 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ARFAN NUGRAHA ARDIANSYAH, 125030106 (2017) PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI MAKNA TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BURSA KALIMAT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 18 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ING.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
1. DAFTAR PUSTAKA jadi.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran membaca yaitu dengan adanya teknik yang dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik. Teknik bursa kalimat dirasa cukup efektif untuk meningkatkan kreativitas dalam proses pembelajaran membaca. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul: “Pembelajaran Menginterpretasi Makna Teks Cerita Pendek dengan Menggunakan Teknik Bursa Kalimat pada Siswa Kelas XI SMAN 18 Bandung”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menginterpretasi makna teks cerita pendek dengan meng-gunakan teknik bursa kalimat pada siswa kelas XI SMAN 18 Bandung? 2)Mampukah siswa kelas XI SMAN 18 Bandung menginterpretasi makna teks cerita pendek? 3)Efektifkah teknik bursa kalimat diterapkan dalam pembelajaran menginterpre- tasi makna teks cerita pendek pada siswa kelas XI SMAN 18 Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menginterpretasi makna teks cerita pendek dengan menggunakan teknik bursa kalimat pada siswa kelas XI SMAN 18 Bandung. 2) Siswa kelas XI SMAN 18 Bandung mampu menginterpretasi makna teks cerita pendek. 3) Teknik bursa kalimat efektif digunakan dalam pembelajaran meng-interpretasi makna teks cerita pendek dengan menggunakan teknik bursa kalimat pada siswa kelas XI SMAN 18 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik studi pustaka, observasi, uji coba, tes, dan teknik analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menginter-pretasi makna teks cerita pendek dengan menggunakan teknik bursa kalimat pada siswa kelas XI SMAN 18 Bandung. Hal ini dibuktikan dengan nilai perencanaan 3,90 dan pelaksanaan 3,60 dan nilai rata-rata 3,75. 2. Kelas XI MIA 3 SMAN 18 Bandung mampu menginterpretasi makna teks cerita pendek. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata pretes 40,6 dan postes 75,2 Dengan kenaikan 30,4. 3. Teknik bursa kalimat efektif digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi makna teks cerita pendek di kelas XI SMAN 18 Bandung. Hal ini terbukti dari perhitungan statistik dengan hasil thitung ≥ ttabel yaitu 4,55 ≥ 2,0 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 21. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan pembelajaran yang penulis lakukan berhasil. Kata kunci: Pembelajaran, menginterpretasi, makna teks cerita pendek, teknik bursa kalimat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:04
Last Modified: 31 Jan 2017 06:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15582

Actions (login required)

View Item View Item