PENGARUH SUHU PENGERINGAN DAN JENIS FOAMING AGENT TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK AIR KELAPA DENGAN METODE FOAM-MAT DRYING

Chandra Irawan, Alumni and Nana Sutisna Achyadi, Dosen and Ela Turmala S, Ds (2016) PENGARUH SUHU PENGERINGAN DAN JENIS FOAMING AGENT TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK AIR KELAPA DENGAN METODE FOAM-MAT DRYING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
1. Cover.doc

Download (111kB)
[img] Text
2. Kata Pengantar.docx

Download (35kB)
[img] Text
4. Intisari.docx

Download (19kB)
[img] Text
artikel chandra.docx
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu pengeringan dan jenis foaming agent terhadap karakteristik minuman serbuk air kelapa. Penelitian ini terdiri dari penelitian pendahulan yang bertujuan untuk menentukan pH terpilih yang digunakan pada penelitian utama. Penelitian utama bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu pengeringan dan jenis foaming agent. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x2 dengan 4 kali ulangan. Faktor pertama adalah suhu pengering (400C, 500C, dan 600C) dan faktor kedua yaitu jenis pembuih (albumin dan tween 80). Respon pada penelitian ini meliputi respon kimia kadar kalsium dan kadar air, respon fisika uji kelarutan, dan respon indrawi terhadap warna, aroma, rasa, dan kenampakan. Hasil penelitian pendahuluan menunjukan pH terpilih sebesar 7 yang berarti netral digunakan pada penelitian utama suhu pengering berpengaruh nyata terhadap kadar kalsium, karakteristik warna serbuk, dan rasa serbuk air kelapa. Jenis foaming agent (pembuih) berpengaruh nyata terhadap kadar air, kelarutan, aroma serbuk, dan rasa serbuk air kelapa. Berdasarkan respon indrawi warna, aroma, rasa, kenampakan didapatkan hasil terbaik a3b1 (dengan suhu pengeringan 600C dan jenis pembuih albumin).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 31 Jan 2017 04:26
Last Modified: 31 Jan 2017 04:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15551

Actions (login required)

View Item View Item