Mukti Adi Setia, 115060077 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (Pe nelitian Tindakan Kelas pada Pelajaran IPS Materi Keanekaragaman Kenampakan Alam Kelas I V SD Negeri Jeruk Mipis Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung ) SKRIPSI D iajukan Sebagai Salah Satu S ya rat Memperoleh Gelar Sarjana PGSD FKIP U npas Bandung Tahun A kademik 2014/2015 o leh Mukti Adi Setia 115060 077 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2015. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
cover mukti.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B SUNDA.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAKbahasa indo.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II mukti.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dengan menggun akan model discovery learning pada p elajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman kenampakan a lam . Penelitian ini dilaksa nakan di kelas IV SDN Jeruk Mipis dan dilat a r belakangi keadaan siswa yang kurang m enunjukkan kerjasamanya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode cera mah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksa na an, observasi, analisis dan refleksi. Pene litian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan , pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolaha n data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi . Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa , penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembe lajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pe ningkatan nilai rata - rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata - rata siklus 1 yaitu 6 3 , 88 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata - rata 7 7,43 . Hasil belajar siklus 1 nilai rata - rata yaitu 67,5 , dan hasil belajar siklus 2 rata - rata nilai mencapai 70, 63 . Hal ini menunjukkan bah wa pe nerapan model discovery learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pe lajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman kenamp akan alam di kelas I V SDN Jeruk Mipis . Dengan demikia n, penggunaan model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untu k diterapkan pada pe lajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci : discovery learning , kerjasama, has il belajar .
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 31 Jan 2017 03:40 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 03:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15490 |
Actions (login required)
View Item |