Nuni Yulya, 125060965 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA AYO CINTAI LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cimanggung IV Kabupaten Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS SUNDAA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INDO.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Desain penelitian ini menggunakan model PTK, yang terdiri dari II siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian untuk pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I sebesar 77% dan meningkat pada siklus II sebesar 84%. Pada sikap percaya diri siklus I memperoleh hasil sebesar 77% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Pada prestasi belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I siswa berhasil meraih ketuntasan pengetahuan (kognitif) 51%, sikap (afektif) 45%, dan keterampilan (psikomotor) 50%. Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil posttest pada siklus I mengalami peningkatan presentase ketuntasan pengetahuan (kognitif) sebesar 87%, sikap (afektif) 87%, dan ketarampilan (psikomotor) 100%. Dengan demikian ternyata penggunaan model Discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas IV SDN Cimanggung IV Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Hal itu dikarenakan pada model Discovery learning siswa yang aktif sedangkan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Dalam penelitian peneliti menemukan beberapa hambatan di antaranya : Selama proses pembelajaran keadaan kelas kurang kondusif, terlihat peserta didik yang pandai dengan kemampuan lebih dan aktif, dan masih kurangnya rasa percaya diri peserta didik. Upaya mengatasi hambatan yang di temui adalah guru mencoba mengelola kelas dengan senyaman mungkin dan sekreatif mungkin, peneliti mencoba untuk mengarahkan kelompok diskusi, dan guru mengevaluasi kembali pola asuh pada peserta didik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Discovery learning dapat menjadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dan diharapkan guru dapat mencoba menerapkan model pembelajaran pada materi lain dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran agar bisa lebih baik. Kata kunci: Model Discovery learning, prestasi belajar siswa, hambatan, upaya
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 07:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 07:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15424 |
Actions (login required)
View Item |