Ade Indra Sukmana, 125060236 (2017) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester 1 SDN Linggar 5 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSRTAK Sunda.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK eng.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
bab I.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, dalam penyajian proses pembelajaran terlihat masih monoton dimana guru masih mendominasi pembelajaran sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih kurang. Selain faktor pengelolaan kelas, kendala yang lain adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat yaitu guru menggunakan model pembelajaran ceramah yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran dan siswa hanya sebagai pendengar sehingga menimbulkan pembelajaran yang pasif juga membosankan. Begitu juga respon siswa kurang senang dengan gaya mengajar guru yang pada akhirnya hasil belajar siswa rendah. Adapun model penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaan penelitian dilakukan dua siklus yang mana pada setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan diantaranya pre test, post test, lembar kerja kelompok, lembar observasi aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dalam di kelas IV SDN Linggar 5, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung dengan menggunakan model Discovey Learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat menumbuhkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa dengan persentase 89,3% dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklus yaitu pada siklus I rataratanya 78 dan pada siklus II rata-ratanya mencapai 82,5. Hasil tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat menumbuhkan sikap kerjasama dan hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat menumbuhkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran kelas IV . Kata kunci: Discovery Learning, kerjasama, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 06:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 06:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15408 |
Actions (login required)
View Item |