PENGGUNAAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian tindakan kelas di kelas IV pada Sub Tema Bersyukur Atas Keberagaman Semester I SD Negeri Pindad 3 Kecamatan Kiaracondong Kelurahan Sukapura Tahun Pelajaran 2016/2017)

PUTIA SEKARLATI, 125060158 (2017) PENGGUNAAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian tindakan kelas di kelas IV pada Sub Tema Bersyukur Atas Keberagaman Semester I SD Negeri Pindad 3 Kecamatan Kiaracondong Kelurahan Sukapura Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
aBSTRAK SUNDA.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT eng.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB V skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV terhadap pembelajaran tema Indahnya Kebersamaan subtema Bersyukur Atas Keberagaman yang dilator belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Pindad 3, sebanyak 37 orang terdiri dari 22 laki-laki dan 15 orang perempuan. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 27 orang atau sebesar 72% dari 37 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang atau sebesar 28% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM 32 orang atau sebesar 87% dari 37 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 5 orang atau sebesar 13% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Inquiry Based Learning tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pindad 3 pada tema Indahnya Kebersamaan Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Kata Kunci: Inquiry Based Learning, Picture and Picture, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:01
Last Modified: 30 Jan 2017 03:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15341

Actions (login required)

View Item View Item