GINA NURHAYADI, 125060186 (2017) PENGGUNAAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN II BUNIJAYA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN PERMASALAHAN SOSIAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II SKRIPSI.pdf Download (743kB) | Preview |
|
Text
BAB III SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
||
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V Kesimpulan Dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI Baru.docx Download (23kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN II Bunijaya. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN II Bunijaya yang hasil pembelajarannya kurang, dikarenakan guru sering menggunakan metode ceramah, sedangkan dengan model atau pun metode – metode yang lain khususnya metode Inkuiri belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Inkuiri pada pembelajaran IPS pokok bahasan permasalahan sosial. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata – rata peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I rata – rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif yaitu 62 dengan kategori cukup sedangkan nilai rata – rata siklus II yaitu 88 dengan kategori baik. Pada ranah afektif nilai rata – rata siklus I yaitu 67 dengan kategori cukup sedangkan nilai rata – rata pada siklus II yaitu 89 dengan kategori baik. Kemudian nilai rata – rata pada ranah psikomotor siklus I yaitu 78 dengan kategori baik dan nilai rata – rata siklus II yaitu 92 dengan kategori baik sekali. Hambatannya yaitu kesulitan dalam mengontrol kegiatan, pengimplementasian waktu yang tepat, dan kemampuan siswa dalam penguasaan materi. Sedangkan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu mengonsultasikan masalah dengan guru senior agar mendapatkan masukan, mempersiapakan perencanaan pembelajaran dengan baik dan pengemasan materi pembelajaran dengan baik dan menarik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan metode pembelajaran inkuiri sangat menunjang terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SDN II Bunijaya dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan permasalahan sosial. Dengan demikian penggunaan metode Inkuiri dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran yang baik untuk diterapkan Kata kunci : Inkuiri dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 02:56 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 02:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15339 |
Actions (login required)
View Item |