Sopia Inayati, 125060311 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III Semester 1 SDN Lengkong Besar 105-85 Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.pdf Download (108kB) |
|
Text
abstrak Indo.pdf Download (87kB) |
|
Text
abstract inggris.pdf Download (276kB) |
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (87kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (760kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lengkong Besar 105-85 Bandung dengan Subjek penelitian yang berfokus pada siswa kelas III. Penelitian ini di dasari oleh kurangnya Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan yaitu kurangnya keberanian siswa untuk mengutarakan pendapat serta hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa melalui penggunaan model Discovery Learning pada subtema perkembangbiakan tumbuhan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian Tindakan Kelas ini mencapai hasil yang maksimal dibuktikan dengan pencapaian hasil nilai rata-rata siswa pada setiap siklusnya meningkat. Sikap percaya diri yaitu pada siklus I 72% kategori baik dan siklus II 89% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar Afektif siklus I yaitu 60% dan siklus II 86%. Penilaian Kognitif pada siklus I yaitu 39% dan siklus II 89%. Penilaian Psikomotor Pada siklus I yaitu 46% dan siklus II 85%. Adapun hambatan dalam pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning adalah siswa kurang kondusif saat pembelajaran berlangsung. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dapat mengkondisikan siswa dengan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas III SDN Lengkong Besar 105-85 pada subtema perkembangbiakan tumbuhan. Kata Kunci: Discovery Learning, Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar siswa, hambatan dan upaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 07:00 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 07:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15265 |
Actions (login required)
View Item |