PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Topik, NPM. 138060023 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
_138060023_Topik.docx

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan penalaran matematis. Desain penelitian adalah kelompok kontrol non-equivalen pretes dan postes. Populasi penelitian ini SMPS Se-Bandung Barat. Sampel dilakukan dengan cluster sampling (area sampling) diambil kelas VIII SMPS Darun Nasya Boarding School. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan kemampuan pemahaman matematis, penalaran matematis dan lembar observasi. Analisis data kuantitatif dengan uji Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukan: (1) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis; (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis; (3) terdapat perbedaan antara siswa kelompok kelompok tinggi dengan kelompok sedang, yang lainya tidak ada perbedaan; (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat KAM terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan penalaran matematis. Kata kunci : (1) kemampuan pemahaman matematis; (2) kemampuan penalaran matematis; dan (2) problem based leraning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 26 Mar 2016 04:21
Last Modified: 26 Mar 2016 04:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item