Kajian Unsur Intrinsik dan Nilai Budaya pada Legenda Sang Kuriang Kesiangan Sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII)

Siti Rodiah, NPM. 148090007 (2017) Kajian Unsur Intrinsik dan Nilai Budaya pada Legenda Sang Kuriang Kesiangan Sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL SANG KURIANG TESIS UNTUK SIDANG.docx

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji unsur intrinsik dan nilai budaya pada Legenda Sang Kuriang Kesiangan. Hal ini dilakukan sebagai alternatif bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas VII. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Instrumennya peneliti itu sendiri dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa unsur intrinsik dan nilai budaya pada Legenda Sang Kuriang Kesiangan, serta wawancara dengan instruktur nasional, pengawas, dan guru Bahasa Indonesia. Data unsur intrinsik tersebut meliputi: tema, tokoh dan penokohan, latar/setting, alur, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat. Data nilai budaya meliputi: bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem mata pencaharian hidup, sistem religi, dan kesenian. Sumber data yang diperlukan diperoleh dari buku Legenda Sang Kuriang Kesiangan yang disusun oleh Ayip Rosidi dengan Penerbit Nuansa. Wawancara dilakukan kepada instruktur nasional, pengawas, dan guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Lembang. Data selanjutnya diperoleh melalui kajian Kurikulum 2013 dilihat dari Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, buku siswa, buku pegangan guru serta bahan ajar yang dilihat dari aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya peserta didik. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan mengikuti tahapan berupa: membaca legenda Sang Kuriang Kesiangan secara teliti, mencatat data yang relevan, mengidentifikasi dan mengklasifikasi data, serta membuat tabulasi data. Untuk mengetahui kelayakan Legenda Sang Kuriang Kesiangan sebagai alternatif bahan ajar, selain wawancara dengan nara sumber juga disusun kisi-kisi analisis unsur intrinsik dan nilai budaya Legenda Sang Kuriang Kesiangan. Hasil kajian terhadap unsur intrinsik dan nilai budaya Legenda Sang Kuriang Kesiangan dilihat dari Kurikulum 2013, bahan ajar berupa bahasa, psikologi, dan latar budaya peserta, serta wawancara dengan nara sumber. Berdasarkan hal itu, maka diperoleh jawaban bahwa Legenda Sang Kuriang Kesiangan dikategorikan baik dan layak dijadikan alternatif bahan ajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VII. Kata Kunci: Unsur intrinsik, nilai budaya, Legenda Sang Kuriang Kesiangan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 26 Jan 2017 08:32
Last Modified: 26 Jan 2017 08:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15026

Actions (login required)

View Item View Item