ANALISIS PENGARUH IKLIM ORGANISASI, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PENGELOLA SERTA KONTRIBUSINYA PADA KINERJA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PROVINSI JAWA BARAT

CECEP SURYANA, NPM : 099113040 (2017) ANALISIS PENGARUH IKLIM ORGANISASI, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PENGELOLA SERTA KONTRIBUSINYA PADA KINERJA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PROVINSI JAWA BARAT. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
CECEP SURYANA DIM.docx

Download (254kB)

Abstract

Penelitian dilakukan terhadap lembaga penyelenggara program Pendidikan Anak Usia Dini yaitu Kelompok Belajar (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) di Jawa Barat,dengan menggunakan metoda Cluster Sampling. Adapun metode analisisnya menggunakan structural equation model (SEM). Hasil analisis dan penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: Pengujian atas hipotesis pengaruh iklim organisasi, budaya organisasi, dan motivasi, terhadap kinerja pengelola berpengaruh positif dan sangat signifikan. Oleh karena itu pemilik atau pengelola lembaga PAUD harus bisa mempertahankan variabel tersebut sebagai faktor utama yang mempengaruhi kinerja pengelola. Adapun dimensi yang mempunyai pengaruh terbesar terhadap kinerja pengelola adalah dimensi kualitas hasil kerja pekerjaan. Hal ini berarti bahwa tuntutan pekerjaan sekarang ini lebih menuntut pada peningkatan kualitas bila dibandingkan dengan peningkatan kuantitas.Pengaruh total80,10 persen dan sisanya dipengaruhi oleh variabel diluar model penelitian sebesar 19,90 persen.Kinerja pengelolaterhadap kinerja lembaga diperoleh kesimpulan statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja lembaga dengan nilai jalur sebesar 0,945, maka dapat diartikan bahwa semakin baik kinerja pengelola, maka akan semakin tinggi kinerja lembaga.Hal ini memperlihatkan bahwa disamping variabel kinerja pengelola, masih terdapat variabel lain yang mempengaruhi kinerja lembaga PAUD. Adapun yang dimensi yang memberikan pengaruh terbesar terhadap kinerja lembaga adalah Perspektif proses belajar dan pertumbuhan, hal ini dapat dipahami, mengingat proses belajar dan pertumbuhan adalah suatu yang utama dalam peningkatan kinerja lembaga PAUD. Terlebih lebih pada saat sekarang ini tingkat persaingan diantara lembaga PAUD yang semakin ketat, di samping itu tuntutan masyarakat terhadap kualitas layanan dari PAUD semakin meningkat dan ber variatif.Besaran pengaruh kinerja pegawai terhadap kinerja lembaga sebesar 89,20 persen. Kata Kunci : Iklim Organisasi, Budaya Organisasi, Motivasi, Kinerja Pengelola dan Kinerja Lembaga.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Jan 2017 03:09
Last Modified: 24 Jan 2017 03:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14771

Actions (login required)

View Item View Item