MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA SELF REGULATED LEARNING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E SISWA MADRASAH ALIYAH

Dian Permana, NPM. 148060022 (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA SELF REGULATED LEARNING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E SISWA MADRASAH ALIYAH. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL_DIAN PERMANA_MPM (14806022).docx

Download (4MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan koneksi matematis serta self regulated learning siswa melalui model pembelajaran learning cycle 5E. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen di MA PONPES Cipari Kabupaten Garut. Metode penelitiannya adalah mix method theem bedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA PONPES Cipari, dengan teknik sampling jenuh, sehingga diperoleh 25 siswa kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol, dan 25 siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pemahaman dan koneksi matematis serta skala self regulated learning siswa. Analisis statistik yang dilakukan adalah Independent Sample t-test, Uji Mann Whitney, Uji ANOVA dua jalur dan Uji Korelasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa (tinggi, sedang, rendah); (2) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa (tinggi, sedang, rendah); (3) self regulated learning siswa yang belajar dengan pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada dengan pembelajaran konvensional; (4) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman dan koneksi matematis siswa serta self regulated learning. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Koneksi Matematis,Self Regulated Learning, Model Pembelajaran Learning Cycle 5E.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Dec 2016 06:32
Last Modified: 20 Dec 2016 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14175

Actions (login required)

View Item View Item