Implementation Method to Increase Arias in Mathematical Reasoning, Mathematics and Independence of Student Connections

Yayan Bayanti, NPM. (2016) Implementation Method to Increase Arias in Mathematical Reasoning, Mathematics and Independence of Student Connections. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Yayan Bayanti_mtk.docx

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control group design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan Metode Arias yang diduga dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika, Koneksi Matematika dan dampaknya terhadap Kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Lengkong Kecil Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) 2 kelas, dengan kelas VIA diberikan perlakuan dengan model konvensional, kelas VIB diberikan perlakuan dengan model pembelajaran menggunakan Metode ARIAS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran Matematika, tes Koneksi matematika, angket kemandirian belajar siswa dengan skala Likert, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Kemampuan pemahaman Penalaran matematika siswa Laki laki dan perempuan yang menggunakan Metode ARIAS lebih baik dibandingkan laki laki dan perempuan kelasyang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) ) Kemampuan Koneksi matematika siswa Laki laki dan perempuan yang menggunakan Metode ARIAS lebih baik dibandingkan laki laki dan perempuan kelas yang memperoleh pembelajaran (3) terdapat pengaruh positif metode ARIAS terhadap kemandirian siswa, (4) Terdapat korelasi yang signifikan antara penalaran Matematika, Koneksi Matematika siswa dengan Kemandirian belajar siswa(7) Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan metode ARIAS rata-ratanya naik dari kriteria kurang baik sampai menjadi baik, dan siswa menjelaskan bahwa pembelajaran dengan menggunakan ARIAS lebih menarik tidak membosankan, mudah dipahami dan lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci :ARIAS, Penalaran Matematika, Koneksi Matematika kemandirian belajar siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 17 Dec 2016 01:22
Last Modified: 17 Dec 2016 01:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14156

Actions (login required)

View Item View Item