PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS 1V SDN LENGKONG KECIL BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas pada Topik Benda Cair dan Sifatnya dengan menggunakan Alat-alat Rumah Tangga pada Kehidupan Sehari-hari)

DE TITA ASYSYARIFIYYAH YUDIBRATA, 085060207 (2016) PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS 1V SDN LENGKONG KECIL BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas pada Topik Benda Cair dan Sifatnya dengan menggunakan Alat-alat Rumah Tangga pada Kehidupan Sehari-hari). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.doc

Download (157kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam materi benda cair dan sifatnya pada mata pelajaran IPA, melalui pembelajaran yang menggunakan alat peraga sederhana. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Lengkong Kecil 1 semester I tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang ditempuh dalam 3 (tiga) siklus. Setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian dengan mengumpulkan nilai pre- test dan post-test, observasi dan angket motivasi sebagai tolok ukur keberhasilannya adalah nilai rata-rata kelas mencapai  60 dan secara klasikal dalam kelas tersebut dapat menyerap materi minimal 85 % dari jumlah siswa. Hasil observasi selama penelitian menunjukkan adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil data awal siswa rata-rata 39. Pada siklus I rata-rata 68,5 dan pada siklus II rata-rata 75, sedangkan pada siklus III rata-rata 86. Sedangkan motivasi siswa pada pelajaran IPA juga meningkat. Dari hasil awal motivasi belajar siswa sebelum tindakan penelitian termasuk kepada kriteria Kurang, akan tetapi pada siklus I, II dan III terus mengalami peningkatan. Dengan demikian pembelajaran menggunakan alat peraga sederhana dikatakan berhasil terutama pada mata pelajaran IPA dan perlu dikembangkan oleh guru lain pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Nov 2016 07:24
Last Modified: 05 Nov 2016 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14025

Actions (login required)

View Item View Item