UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TENTANG MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN PADA PELAJARAN IPS DI SDN KARANG ASIH 01 KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI

GINANTI DWI RAHMAWATI, 085060146 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TENTANG MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN PADA PELAJARAN IPS DI SDN KARANG ASIH 01 KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (22kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN OBSERVER.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
MOTTO.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas III tentang materi lingkungan alam dan buatan dengan pendekatan lingkungan. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan pendekatan lingkungan di kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus pembelajaran terdiri dari empat tahapan: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Observasi dan analisis; dan (4) Refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar tes dan lembar observasi. Instrumen lembar observasi digunakan untuk mengobservasi hal-hal sebagai berikut: (1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran; (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; dan (3) Pelaksanaan pembelajaran. Lembar tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa setelah tindakan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS melalui pendekatan lingkungan ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran sebelum diadakannya penelitian tindakan kelas. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan lingkungan, ada peningkatan yang memuaskan sehingga nilai rata-rata siswa pada tes awal (pre test) berupa tugas kelompok adalah pada siklus I 63, siklus II 75 dan siklus III 80 sedangkan nilai rata-rata siswa pada tes akhir (pos test) adalah pada siklus I 61,75, siklus II 78, dan siklus III 84,75. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang optimal. Kata kunci: Pendekatan Lingkungan, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Nov 2016 04:59
Last Modified: 05 Nov 2016 04:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14017

Actions (login required)

View Item View Item