GINANTI DWI RAHMAWATI, 085060146 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TENTANG MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN PADA PELAJARAN IPS DI SDN KARANG ASIH 01 KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (22kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN OBSERVER.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
MOTTO.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas III tentang materi lingkungan alam dan buatan dengan pendekatan lingkungan. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan pendekatan lingkungan di kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus pembelajaran terdiri dari empat tahapan: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Observasi dan analisis; dan (4) Refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar tes dan lembar observasi. Instrumen lembar observasi digunakan untuk mengobservasi hal-hal sebagai berikut: (1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran; (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; dan (3) Pelaksanaan pembelajaran. Lembar tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa setelah tindakan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS melalui pendekatan lingkungan ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran sebelum diadakannya penelitian tindakan kelas. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan lingkungan, ada peningkatan yang memuaskan sehingga nilai rata-rata siswa pada tes awal (pre test) berupa tugas kelompok adalah pada siklus I 63, siklus II 75 dan siklus III 80 sedangkan nilai rata-rata siswa pada tes akhir (pos test) adalah pada siklus I 61,75, siklus II 78, dan siklus III 84,75. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang optimal. Kata kunci: Pendekatan Lingkungan, dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 05 Nov 2016 04:59 |
Last Modified: | 05 Nov 2016 04:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14017 |
Actions (login required)
View Item |