MENINGKATKAN KEPERCAYAAN (TRUST) ORANG TUA SISWA TERHADAP SEKOLAH MELALUI PEMBELAJARAN TAHFIZ (HAFALAN AL-QUR’AN) (STUDI KASUS DI SMP X)

ANI MULIANI, NRP. 138020105 (2016) MENINGKATKAN KEPERCAYAAN (TRUST) ORANG TUA SISWA TERHADAP SEKOLAH MELALUI PEMBELAJARAN TAHFIZ (HAFALAN AL-QUR’AN) (STUDI KASUS DI SMP X). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL ANI MULIANI MM_.docx

Download (182kB)

Abstract

Pendidikan bermutu merupakan suatu tuntutan. Salah satu upaya meningkatkan mutu atau kualitas sekolah adalah dengan mengembangkan program yang berkaitan dengan kebutuhan religi keagamaan, seperti program hafalan Al-Qur’an atau tahfiz. Di SMP Alfa Centauri program pembelajaran tahfiz tepat untuk dikembangkan, karena menjadi salah satu alasan bagi orangtua siswa menjadikan SMP Alfa Centauri sebagai sekolah pilihan bagi putra putrinya. Sehingga judul penelitian ini adalah “Meningkatkan Kepercayaan (Trust) Orang Tua Siswa Terhadap Sekolah Melalui Pembelajaran Tahfiz (Hafalan Al-Qur’an)”. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis dan mengetahui pelaksanaan pembelajaran tahfiz di SMP Alfa Centauri, 2) Menganalisis dan mengetahui respon dan harapan orang tua terhadap program pembelajaran tahfiz di SMP Alfa Centauri, dan 3) Mengetahui strategi meningkatkan kualitas program pembelajaran tahfiz di SMP Alfa Centauri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, agar dapat dianalisis faktor-faktor kontekstual dalam mengembangkan program tahfiz dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, di sekolah yang menjadi subyek penelitian. Hasil penelitian berdasarkan analisis dan kajian peneliti adalah : faktor internal yang menjadi kekuatan organisasi adalah adanya sarana pendukung, staf pengajar tahfiz yang sesuai dengan kebutuhan, dan dasar hukum yang jelas dalam penyelenggaraan program tahfiz. Faktor peluang cukup potensial dalam pengembangan program tahfiz adalah nilai tambah program sekolah, dukungan kementrian agama, bantuan pemerintah, ketersediaan transportasi, keinginan masyarakat, kepuasan masyarakat terhadap program tahfiz, ketersediaan sumber daya manusia, mayoritas masyarakat muslim, kebijakan pendidikan, dan dukungan orang tua. Strategi meningkatkan kualitas program pembelajaran tahfiz adalah dengan cara memantapkan metode talaqi dengan lebih baik dan menggiatkan proses tilawah pagi dengan murojaah Al-Qur’an yang terkoordinir oleh guru tahfiz. Kata kunci : kepercayaan (trust), program unggulan sekolah, program hafalan Al-Qur’an (tahfiz), strategi peningkatan mutu sekolah, faktor internal, faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 04 Nov 2016 14:02
Last Modified: 04 Nov 2016 14:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13987

Actions (login required)

View Item View Item