MARIA MARGARETA SARTIKA, 095060287 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL - SOAL OPERASI HITUNG CAMPUR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS I II SD SANTA URSULA BANDUNG Peneli tian Tindakan Kelas (PTK) pada Mata P elajaran Matematika di Kelas III SD Santa Ursula Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 - Cover .pdf Download (125kB) | Preview |
|
Text
2 - pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
Text
4 - PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
||
Text
5 - Kata pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
6 - Abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
7 - Daftar isi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
1 - BAB I .pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
2 - BAB II.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text
3 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
Text
4 - BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
||
Text
5 - BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
Text
16- Daftar Pustaka.pdf Download (66kB) | Preview |
Abstract
Berhas il atau tidaknya suatu pembelaj a ran di sekolah sangat tergantung pada peran guru dalam memilih dan menggunakan teknik dan metode pembelajaran. Model pembelajaran yang penulis terapkan dal am pembelajaran operasi hitung campur adalah pembelajaran kooperatif . Pembelajaran matematika operasi hitung campur akan menjadi suatu kegiatan pembelajaran yang efektif dan menarik bila didukung dan dirancang dengan model pembelajaran yang tepat. Untuk mengetahui masalah di atas, penulis mengadakan penelitian di SD Santa U rsula Band ung, dengan tujuan untuk : (1 ) memperoleh gambaran tentang pembelajaran kooperat if dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam menyelesaikan soal operasi hitung campur ; (2 ) memperoleh g ambaran terhadap kemampuan peserta didik kelas III SD Santa Ursula Bandung tentang operasi hitung campur menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw . Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) Peserta didik kelas III SD Santa Ursula mampu meningkatkan aktivitas be l ajar melalui model pembelajaran ko operatif tipe jigsaw ; (2) Peserta didik kelas III SD Santa Ursula mampu meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal - soal operasi hitung campur melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw . Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindak an Kelas ( PTK ). Berdasarkan analisis hasi l pembelajaran pretes , Siklus I, dan Siklus II penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut: (1) Aktivitas belajar peserta didik kelas III SD Santa Ursula Bandung mampu ditingkatkan menggunakan model pembelajaran koop eratif tipe Jigsaw . Ha l ini terbukti dari adanya perubahan nilai hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I dan siklus II . (2) Kemampuan menyelesaikan soal operasi hitung campur dapat ditingkatkan dengan ketuntasan mencapai 97,4%. Pener apan m ode l pembelajaran kooperatif sangat tepat dan efektif digunaka n dalam menyelesaikan soal operasi hitung campur . Dari fakta - fakta di atas, penulis men yimpulkan bahwa penerapan m odel pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam menyelesaikan soal operasi hitung ca mpur cukup tepat dan efektif. Kata kunci : Aktivitas, kemampuan, jigsaw, operasi hitung.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Oct 2016 15:20 |
Last Modified: | 29 Oct 2016 15:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13954 |
Actions (login required)
View Item |