DESIWANTI AYU LESTARI, 115030100 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR KALIMAT EFEKTIF DALAM TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 CIKAMPEK TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. Cover.docx Download (29kB) |
|
Text
7. Abstrak.docx Download (23kB) |
|
Text
Bab I.docx Download (35kB) |
Abstract
Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pem-baca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis. Mengidentifikasi adalah kegiatan yang melibatkan proses membaca. Model talking stick adalah salah satu pembelajaran yang mene-kankan pada konsep kerja sama. Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Kalimat Efektif dalam Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Talking Stick pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Cikampek Tahun Ajaran 2015/2016”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) mampukah penulis melak-sanakan pembelajaran mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi dengan menggunakan model talking stick?; (2) mampukah siswa mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi dengan menggunakan model talking stick?; (3) tepatkah model talking stick digunakan dalam pembelajaran mengi-dentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa dan ketepatan model talking stick dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Ci-kampek. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu melaksanakan pem-belajaran mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi dengan menggunakan model talking stick; (2) siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek mampu mengindentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi; (3) model talking stick tepat digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek. Metode yang digunakan adalah metode one group pretest-posttest. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: (1) Penulis mampu melaksanakan pembe-lajaran mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi dengan meng-gunakan model talking stick pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanakan pembelajaran se-besar 3,2. Kemampuan penulis termasuk ke dalam kategori baik; (2) Siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek mampu mengidentifikasi unsur kalimat efektif dalam teks eksposisi dengan menggunakan model talking stick. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 1,74, sedangkan nilai rata-rata posttest 4,53. Jadi selisih nilai rata-rata prates dan pascates yaitu 2,79 sehingga menghasilkan peningkatan dari pretest ke postest sebesar 11,16%; (3) Model talking stick efektif digunakan da-lam mengidentifikasi unsur kalimat efektif pada teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan taraf signifikan perbedaan dua mean antara pretest dengan nilai posttest, diketahui thitung 7,48 > ttabel 2,04. Kata kunci: mengidentifikasi, model talking stick, pembelajaran, teks eksposisi, unsur kalimat efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 06:13 |
Last Modified: | 24 Mar 2016 06:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1392 |
Actions (login required)
View Item |