G ITA SARTIKA, 0850601 30 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PE LAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SD NEGERI MERDEKA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01.COVER DEPAN.pdf Download (80kB) | Preview |
|
Text
02.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
Text
04.ABTRSK-KATA PENGANTAR-DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) | Preview |
|
Text
03.KATA PERSEMBAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
Text
05.BAB I.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
06.BAB II.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text
07.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
Text
08.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
09.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Penggunaan Model Pembelajaran Konstruktivistik Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Merdeka kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah a) Menerapkan hasil penelitian melalui upaya pembelajaran IPS dengan penggunaan media gambar sebagai sumber pembelajaran; b) Untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS pada materi tokoh - tokoh penting dalam peristiwa Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia; c) Untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Konstruktivistik dengan media gambar yang artinya adalah model pembelajara n yang mengutamakan siswa secara aktif membangun pembelajaran mereka sendiri secara mandiri dan memindahkan informasi yang kompleks. Model pembelajaran konstruktivistik dimaksudkan menjadikan kebiasaan guru yang bersifat otoriter menjadi fasilitator Pada penelitian tindakan kelas ini, model penelitian yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart (diadaptasi dari Hopkins, 1993:48), dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen. keempat komponen tersebut meliputi : perencanaan ( planning ), implementasi tindakan ( acting ), observasi ( observing ) dan refleksi ( reflecting ). Belajar akan lebih bermakna apabila siswa mengalami apa yang mereka pelajari bukan sekedar mengetahui materi. Pendekatan ini juga memungkinkan untuk belajar dala m kelompok sehingga pengetahuan tidak hanya diperoleh dari guru saja tetapi dari teman kelompok lainnya, Dengan demikian, siswa akan berperan aktif dalam pembelajaran. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan model konstruktivistik dalam pem belajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Analisis siswa pada siklus I menunjukkan bahwa skor tertinggi 80, terendah 20 dengan nilai rata - rata 65,4. Sedangkan pada siklus II skor nilai tertinggi 100, terendah 50, nilai rata - rata 79,3. Pada siklus III skor tertinggi 100, terendah 60 dan nilai rata - rata 86,3 dengan kategori sangat baik. kata kunci : konstruktivistik, media gambar, hasil belajar, IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 13:08 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 13:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13863 |
Actions (login required)
View Item |