MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN KERAJAAN BERCORAK ISLAM DI INDONESIA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas V SDN 1 Cisaat Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon)

RIRIN ARPIANTI, 085060016 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN KERAJAAN BERCORAK ISLAM DI INDONESIA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas V SDN 1 Cisaat Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
caper revisi pa tata rin.docx

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK RIN 2.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (134kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
dftar isi 2.doc

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
surat pengesahan ririn yg bnr.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
DAPTAR RIWAYAT HIDUP RIRIN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Cisaat Kecamatan Waled kabupaten Cirebon dengan subjek penlitian siswa kelas V dengan jumlah 20 orang penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajaran IPS yang kurang bermakna. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan seblumnya bahwa proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelas tidak banyak melibatkan siswa sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Faktor lain yang runtut menyumbang kondisi ini adalah kemampuan propesional guru yang masih kurang, misalnya penggunaan media dan alat peraga, dan kurang memperhatikan kebutuhan siswa. Faktor lain adalah cara mengajar guru yang masih monoton, kurang inovatif dan variatif dalam menggunakan strategi pembelajaran, sehingga siswa menjdi mudah bosan dan tidak termotivasi. penlitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajr siswa pada pembelajaran IPS melalui proses pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan guru dapat memperoleh pengalaman dalam menerapkan dan mengembangkan strategi pembelajaran IPS di SD, melalui model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw. Model yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan trdiri dari 2 siklus atau tindakan, setiap tindakan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan revleksi, dngan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar di peroleh hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan repleksi yang dilaksanakan, diperoleh data yg menunjukan adanya peningkatan hasil belajr dan hasil tes yaitu pada pembelajaran pra tindakan nilai rata- rata sebesar 30% Siklus I nilai rata 60% menjadi 90% pada siklus II. Aktivitas dalam diskusi juga mengalami peningkatan preesentase yaitu dari 35% pada siklus I menjadi 90% pada Siklus II. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini di rekomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam pembelajaran IPS maupun pembelajaran lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah- masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif teknik Jigsaw, Penelitian Tindakan Kelas, pelajaran IPS, dan materi Perkembangan Kerajaan Bercorak Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Oct 2016 15:57
Last Modified: 22 Oct 2016 15:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13854

Actions (login required)

View Item View Item