IMANIAR, 085060101 (2016) i PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA P ADA KONSEP ALAT - ALAT PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI CITEPUS V KEC. CICENDO KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
Abstract
Pada proses pembelajaran IPA dengan materi alat pencernaan pada manusia di SD Negeri Citepus V, guru menemukan kesulitan dalam menjelaskan dengan alat peraga yang digunakan. Ini membuat aktivitas siswa menjadi pasif, sehingga akhirnya berdampak pada menuru nnya aktivitas dan hasil belajar siswa. dari permasalahan tersebut, penulis menyusun skripsi yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pemebelajaran IPA Pada Konsep Alat - Alat Pencernaan Pada M anusia Di Kelas V SD Negeri Citepus V Kec. Cicendo Kota Bandung” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA materi alat pencernaan manusia melalui metode Quantum Teaching pada siswa kelas V SD Negeri Citepus V Kec . Cicendo Kota Bandung . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berdesain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Citepus V Kec. Cicendo Kota Bandung sebanyak 3 9 sis wa, siswa laki - laki berjumlah 20 da n siswa perempuan berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif dengan membandingkan kon disi awal dengan hasil - hasil y ang dicapai pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Teaching berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa secara signifikan pada konsep alat - alat p encernaan makanan pada manusia . Hal ini dapat ditunjukan dengan adanya peningkatan dari siklus I dan II . Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 72,72% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dari peningkatan aktivitas tersebut mempe ngaruhi hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching . Pada siklus I dari hasil tes siswa memperoleh skor dengan persentase rata - rata 79,49 %, pada siklus II memperoleh skor dengan persentase rata - rata 9 4,87 %. Hal ini dikaren akan pada model pembelajaran Quantum Teaching siswa diberikan pengalaman langsung untuk mempelajari materi yang dipelajari, sehingga suasana kelas menjadi menyenangkan dan tidak menegangkan. Kata Kunci: model Quantum Teaching , aktivitas belajar, hasil bel ajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 22 Oct 2016 14:22 |
Last Modified: | 22 Oct 2016 14:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13847 |
Actions (login required)
View Item |