UPAYA PELESTARIAN MUSIK TARLING CIREBON STUDI KASUS PADA GRUP TARLING PUTRA SANGKALA PIMPINAN BAPAK ASKADI. Adi Supriatna 116040037

Adi Supriatna dan Rosikin WK dan Ahmad Hidayat (2016) UPAYA PELESTARIAN MUSIK TARLING CIREBON STUDI KASUS PADA GRUP TARLING PUTRA SANGKALA PIMPINAN BAPAK ASKADI. Adi Supriatna 116040037. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
COVER SKRIPSI FIX PRINT.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI fix.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (31kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

“Upaya Pelestarian Musik Tarling Cirebon Studi Kasus Pada Grup Tarling Putra Sangkala Pimpinan Bapak Askadi” Merupakan judul penelitian ini. Musik Tarling identik dengan Pantai Utara karena musik Tarling lahir di desa Kepandean Indramayu. Tarling sebagai karya intelektual musik khas Indramayu dan Cirebon, memberikan andil mengangkat nilai seni budaya Indramayu dan Cirebon, Tarling klasik oleh sebagian pengamat seni kota Cirebon dianggap sebagai musik identitas dan jati diri melodi Kota Udang. Beragamnya musik Tarling yang terus berubah dan berkembang di masyarakat luas, dikhawatirkan mengurangi fungsi identitas, serta mengalami perubahan bentuk yang akhirnya bukan mustahil akan semakin jauh dan kehilangan bentuk aslinya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus dengan mengandung unsur etnografi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa paya yang dilakukan oleh Askadi untuk melestarikan musik Tarling meliputi 4 point diantaranya : 1. Dengan melakukan seminar rutin, pada tahun ini tanggal 18 februari diadakan seminar “Revitalisasi Kesenian Tarling” di desa Mertasinga kabupaten Cirebon, 2. Melakukan pelatihan musik Tarling denagn menggunakan metode Tradisional 3. Mempromosikan kebudayaan Cirebon termasuk musik Tarling dengan membuat Talk Show SAMBEL TERASI di Cirebon TV 4. Melakukan pewarisan yang dilakukan secara turun temurun pada personil grup Tarling Putra Sangkala.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2015
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 05 Oct 2016 15:01
Last Modified: 05 Oct 2016 15:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13618

Actions (login required)

View Item View Item