DEDEN, 1 25050 11 2 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 revisi(bagan).pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
DAFUS.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Dalam kegiatan belajar mengajar, pengajar harus memberikan kemudahan agar peserta didik mendapatkan pengalaman belajar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya, sehingga dapat terwujud intera ksi yang lebih komunikatif . Maka dari itu cara yang cocok untuk mengaktifkan siswa adalah dengan menggunakan model Reciprocal Teaching . Adapun latar belakang masalah yang menjadi titik tolak penelitian ini adalah mencari suasana baru dalam pembelajaran. Dalam penerapannya , Reciprocal Teaching lebih mengutamakan partisipasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, karena dalam sistem pengaja ran dengan pendekatan keterampilan proses siswa harus lebih aktif daripada guru. Karena guru hanya bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator sehingga, siswa diberi kesempatan untuk ber p ikir lebih aktif dan kreatif. T ujuan penelitian ini adalah 1) u ntuk menge tahui kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching lebih baik daripada dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara Problem Based Learning ; 2) u ntuk mengetahui sikap siswa terhadap pembel ajaran matematika dengan model Reciprocal Teaching ; 3) u ntuk mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematik dan sikap siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMK Puragabaya Bandung ta hun ajaran 201 6 /201 7 . Dan s ampel diambil sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan berpikir kreatif matemati k dan angket skala sikap. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t . Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan : 1) k emampuan berpikir kreatif matematik siswa yang mendapatkan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning ; 2) s iswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching ; 3) t erdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematik dengan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching . Kata K unci : Reciprocal Teaching , Problem Based Learning , Berpikir Kreatif Matemati k .
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 16:04 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 16:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13310 |
Actions (login required)
View Item |