UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGRAN PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) (Penelitian tindakan kelas pada Materi Pancasila sebagai Ideologi terbuka di kelas XII IPS-4 SMA Negeri Jatinangor)

RINI ENCASWATI, 125010 066 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGRAN PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) (Penelitian tindakan kelas pada Materi Pancasila sebagai Ideologi terbuka di kelas XII IPS-4 SMA Negeri Jatinangor). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstarak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar fustaka.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa yan g kuarang, pembelajaran yang di anggap t idak penting sekaligus membosan kan , dan metode pengajaran guru yang menjenuhkan merupakan permasalahan yang bisa terjadi dalam pembelaja ran Pendidikan Kewarganegaraan. Salah satu alternatif yang dapat dijadikan strategi belajar untuk mengatasai permasalahan tersebuta adalah dengan meng guanakan model pembelajaran Problem Based Intoducation . P enggunan model pembelajaran ini di harapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu penlitian mengambil judul “ Upaya meningkatkan kecerdasan Moral Peserta didik dalam Proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Penerapan Model Problem Based Intoducation ” . Peneliti ini secara umum bertujuan untuk mengetahui gambaran pengguan model pembelajaran Problem Based Intoducation untuk meningkatakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka di kelas XII IPS 4 SMA Neger i Jatinangor. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk pencermatan dalam bentuk tindakan terhadap kegiatan belajar yang sengaja di munculkan dan terjadi di dalam sebuah k elas bersamaan. Penelitian melakuakn pembelajaran dengan me nggunakan model pembelajaran Problem Based Intoducation dari mulai perencana an , tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini di lakukan di kelas XII IPS 4 Negeri Jatinangor dengan objek peneli tian sebanyak 35 peserta didik yang terdiri dari 21 perempuan 14 laki - laki. Berdasarakan h asil penelitian menunjukan peserta didik kelas XII IPS 4 adanya perubahan kecerdasan moral ketika me nggunakan model pembelajaran Problem Based Intoducation . Hal ini d apat di lihat kenaikan persentase hasil belajar peserta didik. Pada tindakan awal memperoleh 17% tergolong dalam kategori kurang. Pada siklus I memperoleh persentase 52% tergolong dalam kategori cukup. Pada siklus II memperoleh persentase 65% tergolong dal am kategori baik. Dapat di simpula kan bahwa model pembelajaran Problem Based Intoducation meningkatakan kecerdasan moral peserta didik pada kelas XII IPS 4 SMA Negeri Jatinangor. Kata kunci : Model Problem Based Intoducation , Kecerdasan Moral.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Sep 2016 19:11
Last Modified: 28 Sep 2016 19:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13223

Actions (login required)

View Item View Item