PERANAN ORGANISASI PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT NASIONALISME PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif di SMA Islam At – Taqwa Kabupaten Indramayu )

AHMAD FIKRI AZIZ M, 125010058 (2016) PERANAN ORGANISASI PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT NASIONALISME PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif di SMA Islam At – Taqwa Kabupaten Indramayu ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK siap upload.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT siap upload.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER siap uplod.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I siap upload.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II siap upload .pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA siap upload.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Nasionalisme bangsa Indonesia, termasuk peserta didik di Gudep Ki/Nyi Buana Kerti SMA Islam At - Taqwa Kandanghaur Indramayu, pada saat ini memang telah diakui mulai memudar bahkan hampir bias — kalau tidak dikatakan menghilang — akan tetapi pada saat ini melalui pendidikan kepramukaan berusaha untuk membangkitkan rasa nasionalisme itu agar kembali la gi dapat diwujudkan. Pramuka mengajarkan beberapa hal kepada seluruh bangsa Indonesia pada saat ini yaitu: memupuk kembali rasa nasionalisme dan patriotisme, mempererat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, memupuk disiplin, mandiri, kesederhanaan atau kebersahajaan, kerja sama, kepemimpinan, tanggung jawab, berlatih dan melatih jiwa dan raga serta banyak hal lainnya yang dapat dilakukan oleh Pramuka — terutama mengeliminir dampak negatif dari fenomena globalisasi. Oleh karena itu peneliti melakukan peneli tian dengan judul peranan organisasi Pramuka terhadap semangat nasionalisme peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti nyata dan mendeskripsikan bahwa kegiatan kepramukaan memilik andil besar dalam menumbuhkembangkan semangat nasionali sme di kalangan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen utamanya adalah peneliti melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Gudep Ki/Nyi Buana Kerti SMA Is lam At - Taqwa Kandanghaur Indramayu dengan melibatkan 5 anggota Pramuka, 5 peserta didik di luar anggota Pramuka, Kepala Sekolah dan Pembina Pramuka. Adapun analisis data hasil wawancara dan observasi peranan Pramuka dalam menumbuhkan semangat nasionalisme menunjukan bahwa kegiatan Pramuka sangat berguna dalam menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan peserta didik seperti, cinta tanah air, kepemimpinan, tanggung jawab, kemandirian, kebersahajaan, kerja sama dan lainnya. Simpulan dari penelitian ini bahw a Pramuka sangat berperan dalam menumbuhkan semangat nasionalisme peserta didik. Saran dari penelitian ini adalah agar kegiatan Pramuka dikelola dengan perencanaan yang matang, dimplentasikan dan dievaluasi dengan memperhatikan minat peserta didik dan didu kung dengan pelatih yang handal dan pendanaan yang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Sep 2016 17:54
Last Modified: 28 Sep 2016 17:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13184

Actions (login required)

View Item View Item