PERANAN BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS DALAM PENGUATAN KARAKTER KEPEMIMPINAN MAHASISWA (Studi Deskriptif Pada Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Pasundan Bandung)

ABDUL MAJID, 125010023 (2016) PERANAN BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS DALAM PENGUATAN KARAKTER KEPEMIMPINAN MAHASISWA (Studi Deskriptif Pada Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Pasundan Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover skripsi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indo.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ing.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Abdul Majid. 2016. Peranan Badan Eksekutiif Mahasiswa Universitas dalam Penguatan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa (Studi Deskriptif Pada Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Pasundan Bandung). Dibimbing oleh Dra. Hj. Lili Sukarliana, M. Pd. sebagai pembimbing I dan Dr. H. Sunatra, S. H., M. S. sebagai pembimbing II. Organisasi atau lembaga kemahasiswaan memberikan kesempatan bagi seluruh anggotanya unt uk mengembangkan potensi yang mereka miliki agar berguna bagi kehidupan bangsa dan negara di masa yang akan datang. Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena mahasiswa yang mulai mengalami kemunduran dalam pergerakan dan keinginan yang tinggi akan proses pencarian identitas. Oleh karena itu peneliti mengambil judul “Peranan Badan Eksekutif Mahasis wa Universitas dalam Penguatan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa (Studi Deskriptif Pada Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Pasundan Bandung)”. Secara umum penelitian berjuan untuk mengetahui gambaran secara lengkap mengenai Peranan Badan Eksekutif Mahasis wa Universitas dalam Penguatan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa. Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk program BEM sebagai lembaga kemahasiswaan tingkat universitas dalam upaya penguatan karakter kepemimpinan mahasiswa? (2) Faktor apa saja yang menghambat program BEM dalam penguatan karakter kepemimpinan mahasiswa? (3) Bagaimana upaya yang dilakukan BEM dalam mengatasi hambatan pada saat melaksanakan program penguatan karakter kepemimpinan mahasiswa? . Metode dalam penelitian ini menggunakan metode desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan wawancara dan studi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Untuk mencapai tujuan penelitian rancangan analisis data yaitu reduksi data, interpretasi data, dan verif ikasi. Temuan penelitian adalah (1) bentuk program yang telah tersusun yaitu berdasarkan kepada visi, misi dan tujuan organisasi bentuk kegiatan yang dilakukan adalah diskusi, memimpin rapat kegiatan, rapat kementrian, rapat umum, advokasi, audiensi dan La tihan Kepemimpinan Mahasiswa. (2) faktor yang menghambat program BEM UNPAS dalam penguatan karakter kepemimpinan adalah kurangnya koordinasi antar pengurus . (3) Upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan koordinasi sesama pengurus dan kepada kelembaga an ditingkat fakultas agar sinergis dalam melaksanakan program dan aktivitas. Kata kunci : Organisasi Mahasiswa dan Kepemimpinan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Sep 2016 17:54
Last Modified: 28 Sep 2016 20:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13174

Actions (login required)

View Item View Item