IMPLEMENTASI METODE INISIASI DEBAT DALAM MEMBANGUN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif pada Materi Ancaman terhadap Negara Indoneisa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas X SMA Kemala Bhayangkari Bandung )

RIKA OKRAVIA SUMARDIANT, 125010049 (2016) IMPLEMENTASI METODE INISIASI DEBAT DALAM MEMBANGUN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif pada Materi Ancaman terhadap Negara Indoneisa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas X SMA Kemala Bhayangkari Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Dalam membangun karakter semangat kebangsaan peserta didik pada proses pembelajaran bukanlah hal yang mudah, karena seorang guru harus dapat menerapkan metode yang sesuai dengan materi pembelajaran. Dalam proses pembelajaran dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik, berpusat pada peserta didik, bermanfaat , demokratis, d an menyenangkan. Hal ini dapat diwujudkan melalui metode inisiasi debat pada materi ancaman terhadap negara Indonesia dalam membangun karakter semangat kebangsaan peserta didik. Dengan adanya pendidikan karakter melalui PPKn diharapkan mampu mengembalikan semangat kebangsaan dalam bentuk rasa nasionalisme pada diri peserta didik. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan judul implementasi metode inisiasi debat dalam membangun semangat kebangsaan peserta didik pada materi ancaman terhadap negara Indonesia . Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti nyata dan mendeskripsikan proses pembelajaran d engan menggunakan debat di kelas X sehingga semangat kebangsaan peserta didik semakin tercermin dalam wujud perilaku peserta didik di lingkungan seko lah . Metode penelitian ini adalah studi deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kemala Bhayangkari dengan melibatkan 37 peserta didik yang terdiri atas 19 orang kelas X MIA dan 18 oarang X IIS. Sedangkan untunk mendapatkan informasi dan data peneli tian yang diambil dari masing - masing kelas sebanyak 5 orang. Data hasil penelitian berupa observasi dan wawancara. Adapun analisis data hasil observasi implementasi metode inisiasi debat di kelas X MIA 82,29 % dan di kelas X IIS mencapai 78,12 % hal ini m enunjukan bahwa metode ini baik digunakan dalam pembelajaran PPkn. Metode ini dapat membangun se mangat kebangsaan peserta didik. hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yaitu mendapat 76, 66 %. Simpulan dari penelitian ini bahw a implementasi metode ini siasi debat dapat membangun karakter se mangat kebangsaan peserta didk. Kata Kunci : Metode Inisiasi Debat d an Kaearkter Semangat Kebangsaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Sep 2016 14:22
Last Modified: 28 Sep 2016 14:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13149

Actions (login required)

View Item View Item