NANI RAHMAWATI, NPM. 138060076 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PBL BERBASIS KARAKTER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
COVER.rtf Download (514kB) |
|
Text
ABSTRAK.rtf Download (62kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (0B) |
|
Text
Bab 1 dan 2.docx Download (629kB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa SMP merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode kuasi eksperimen yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbasis karakter berbantuan CD pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Sukaraja . Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara acak teridiri dari 3 kelas yaitu kelas yang memperoleh pembelajaran PBL berbasis karakter berbantuan CD pembelajaran, kelas yang memperoleh pembelajaran PBL berbasis karakter dan kelas yang memperoleh kelas ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket kemandirian belajar dengan skala likert. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika bagi kelas yang memperoleh model PBL berbasis karakter berbantuan CD pembelajaran lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PBL berbasis karakter dan ekspositori, (2) Kemandirian belajar siswa untuk kelas memperoleh model PBL berbasis karakter berbantuan CD pembelajaran lebih baik daripada kemandirian belajar siswa siswa yang memperoleh pembelajaran PBL berbasis karakter dan ekspositori , (3) Terdapat pengaruh asosiasi kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap kemandirian belajar,. Hasil respon siswa menunjukan bahwa model PBL berbasis karakter berbantuan CD pembelajaran lebih menarik dan lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran PBL berbasis karakter sajadan ekspositori. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL) berbasis karakter berbantuan CD pembelajaran , kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | S2-Thesis |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 14:13 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 14:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13143 |
Actions (login required)
View Item |