PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU DAN BANGSA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Wangisagara I Tahun Pelajaran 2015/2016)

SOFI WIDYA NURFITRI, 125060135 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU DAN BANGSA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Wangisagara I Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover PRINT.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa ingin tahu siswa karena siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran, rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan materi keragaman suku dan bangsa belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan materi keragaman suku dan bangsa di kelas IV SDN Wangisagara I. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari dua pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Instruction. Adapun, tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV pembelajaran IPS dengan materi keragaman suku dan bangsa. Dengan demikian model Problem Based Instruction dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Problem Based Instruction, Rasa ingin tahu, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 18:14
Last Modified: 27 Sep 2016 18:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13052

Actions (login required)

View Item View Item