Agnes Eka Fujiani, 125060176 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KOPERASI ( Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas IV SDN Cintaasih 1 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK BAHASA INDONESIA .pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK BAHASA INGGRIS .pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning type jigsaw pada pembelajaran IPS materi koperasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cintaasih 1 dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan keaktifan di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model cooperative learning type jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran cooperative learning type jigsaw yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian keaktifan dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian keaktifan dan hasil tes belajar. Pada penilaian keaktifan nilai rata-rata siklus 1 yaitu 72 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 79. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 70, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 79. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning type jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi koperasi di kelas IV SDN Cintaasih 1. Dengan demikian, penggunaan model cooperative learning type jigsaw dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: cooperative learning type jigsaw, keaktifan, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 14:21 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 14:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12987 |
Actions (login required)
View Item |