PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKAT KAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IP

Alya Rachma Indrayan, 125060119 (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKAT KAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARAK B,INGG.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.I alya.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Dewi Sartika dengan subjek penelitian adalah kelas I V. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IP S . Pada penelitian ini peneliti mengambil materi mengenai persebaran jenis sumber daya alam dan manfaatnya untuk k egiatan ekonomi dengan model kooperatif tipe number head together dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah peserta didik kelas I V SDN Dewi Sartika dengan jumlah 3 4 orang yang terdiri atas 1 4 laki - laki dan 20 orang perempuan, adapun instrument yang d ipakai dalam penelitian kali ini adalah lembar observasi kemampuan berkomunikasi siswa dan lembar evaluasi hasil belajar siswa . Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar instrument dan hasil wawancara serta angket . Dari hasil penel itian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase kemampuan berkomunikasi siswa dalam pembelajaran dengan hasil pada siklus I yaitu 52% dan siklus II yaitu 88%. Adapun hasil belajar peserta didik menggunakan model kooperatif tipe number head together menga lami peningkatan dalam setiap siklusnya, ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 65 % dan siklus II 91 %. Nilai rata - rata dalam hasil belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya pada siklus I nilai rata - rata sebesar 70 ( cukup ), dan pada siklus II nilai rata - rata se besar 79 (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe number head together pada pembelajaran IP S dalam materi persebaran jenis sumber daya alam dan manfaatnya untuk kegiatan ekonomi dapat meningkatka n kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa . Kata Kunci : Model kooperatif tipe number head together, pembelajaran IP S , meningkatkan kemampuan berkomunikasi, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2016 21:34
Last Modified: 26 Sep 2016 21:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12895

Actions (login required)

View Item View Item