MENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Tegallega Bandung tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan)

Arif Muhamad Ma’rup, 125060075 (2016) MENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Tegallega Bandung tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw pada tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan subtema pelestarian hewan dan tumbuhan langka. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Tegallega dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan keaktifan di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah kriteria ketuntasan minimal karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model yang cooperative learning tipe jigsaw.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian keaktifan dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian motivasi dan hasil tes belajar. Pada penilaian motivasi nilai rata-rata siklus 1 yaitu 66,55 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 77,55. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 71,61, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 84,05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan subtema pelestarian hewan dan tumuhan langka kelas III SDN Tegallega. Dengan demikian, penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan tema dan subtema yang lainnya. Kata kunci: cooperative learning tipe jigsaw, keaktifan, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 18:35
Last Modified: 26 Sep 2016 18:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12883

Actions (login required)

View Item View Item