MENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SUB TEMA PENGALAMAN DI LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas III SDN Barutunggul 4 Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017)

Muhamad Ridwan Hardiana, 125060051 (2016) MENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SUB TEMA PENGALAMAN DI LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas III SDN Barutunggul 4 Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas III, selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah kemudian siswa diberi tugas, peralatan yang dipakai untuk mengajar hanya papan tulis, spidol, dan buku pelajaran, siswa selalu diam apabila disuruh untuk mengerjakan soal dan mengungkapkan pendapatnya didepan, begitupun ketika guru bertanya kepada siswa hanya diam tidak ada yang menjawab bahkan cenderung terlihat takut, siswa hanya mendengarkan apabila guru menjelaskan. Model pembelajaran picture and picture adalah salah satu model pembelajaran aktif yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan yang sistematis, seperti menyusun gambar secara berurutan, menunjukkan gambar, memberi keterangan gambar dan menjelaskan gambar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), merupakan penetian tindakan yang dilakukan dengan tujian memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. peningkatan kemampuan keaktifan siswa mendapatkan nilai 3,2 pada siklus pertama dengan persentase 80% dan pada siklus ke dua mendapatkan nilai 3,6 dengan persentase 90%. Hasil belajar siswa pada sikus pertama mendapatkan nilai rata-rata 70 dengan persentase ke tuntasan sebesar 74,19% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa dan yang belum tuntas sebanyak 8 orang. Pada siklus kedua hasil post test mendapatkan nilai rata-rata 77 dengan persentase ke tuntasan sebesar 90,32% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa dan yang belum tuntas sebanyak 3 orang. Data hasil pelaksanaan observasi aktifitas guru pada siklus I mendapatkan nilai 3,4 sehingga prosentase diperoleh sebesar 86,09 %. Sedangkan pada siklus kedua mendapatkan nilai 3,7 sehingga persentase diperoleh sebesar 91,30%. Penerapan model kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam sub tema pengalaman di lingkungan sekitar rumah. Kata Kunci: Model Picture and Picture, Hasil Belajar, Keaktifan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 17:54
Last Modified: 26 Sep 2016 17:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12864

Actions (login required)

View Item View Item