PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN PESAN MELALUI TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SD

KHORI NUR OKTAVIYANTI, 125060117 (2016) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN PESAN MELALUI TELEPON DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B INDO.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan berbicara siswa terutama dalam hal menyampaikan pesan melalui telepon pada mata pelajaran bahasa Indonesia serta kurang aktifnya siswa dala m kegiatan pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menyampaikan pesan melalui telepon. Tujuan penelitian ini yaitu unt uk meningkatkan kemampuan menyampaikan pesan melalui telepon , keaktifan siswa serta hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menyampaikan pesan melalui telepon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan teknik pembelajaran role playing . Tekn ik ini sangat cocok untuk meningkatkan keaktifan siswa karena semua siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran dan dapat melatih kemampuan menyampaikan pesan dengan dialog sehingga hasil belajarpun akan mencapai tujuan . Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Cibabat Mandiri 4 yang terdiri dari 38 siswa. Hasil penelitian pada siklus I pada hasil pembelajaran dengan rata - rata nilai 63,80 pada pretes dan 78,68 pada postes dan pada sik lus II dengan rata - rata nilai 55,78 pada pretes dan 85,78 pada po stes . Hasil penelitian keterampilan menyampaikan pesan pada siklus I dengan rata - rata 59 ,57 dan pada siklus II meningkat dengan hasil rata - rata 76 ,31 . Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan teknik role playing dapat meningkatkan keterampilan men yampaikan pesan melalui telepon dan hasil belajar siswa SDN Cibabat Mandiri 4 pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menyampaikan pesan melalui telepon. Kata Kunci : Teknik pembelajaran role p laying, k eterampilan menyampaikan pesan , hasil belajar .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2016 18:49
Last Modified: 26 Sep 2016 18:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12835

Actions (login required)

View Item View Item