PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TIPE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PELAJARAN IPS

ADY NURZAMAN, 125060122 (2016) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TIPE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar yang dilihat pada hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan motode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas V SD Negeri Bojongkoneng I, sebanyak 23 orang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase sikap percaya diri ketuntasan siswa mencapai 56% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori cukup, dan pada siklus II persentase sikap percaya diri ketuntasan siswa mencapai 86,9% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 12 orang atau sebesar 52% dari 23 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 11 orang atau sebesar 48% dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 23 orang siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 19 orang atau sebesar 83% dari 23 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 4 orang atau sebesar 17% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Project Based Learning tipe Role Playing dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dan prestasi belajar siswa yang dilihat dari hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bojongkoneng I dalam pembelajaran IPS materi usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Kata Kunci: Project Based Learning tipe Role Playing, Percaya Diri, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 15:43
Last Modified: 26 Sep 2016 15:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12792

Actions (login required)

View Item View Item