PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS D AN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI MEMBACA DAN MENGGAMBAR PETA

MOCH NUR ARISMANSYAH, 125060281 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS D AN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI MEMBACA DAN MENGGAMBAR PETA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menggun akan model project based learning dalam pembelajaran IPS pokok bahasan membaca dan menggambar peta . Penelitian ini dilaksa nakan di ke las I V SDN Cipedes 1 dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan kreativitasnya di dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan m etode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model project based learning . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksa na an, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran project based learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu penentuan pertanyaan mendasar, penyusunan perencanaan proyek, menyusun ja dwal, evaluasi pengalaman, menguji hasil, monitoring. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa , penilaian kreativitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pem belajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pe ningkatan nilai rata - rata dari penilaian kreativitas dan hasil tes belajar. Pada penilaian kreativita s nilai rata - rata siklus I yaitu 67,93 sedangkan siklus II mencapai nilai rata - rata 78,28 . Hasil belajar siklus I presentasenya adalah 52,17 % , dan hasil belajar siklus II presentasenya mencapai 82,60 % . Hal ini menunjukkan bah wa penggunaan model project based learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan membaca dan menggambar peta pada kelas I V SDN Cipedes 1 . Dengan demikia n, penggunaan model project based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untu k diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci : project based learning , kreativitas , hasil belajar .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2016 14:01
Last Modified: 26 Sep 2016 14:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12776

Actions (login required)

View Item View Item