OPTIMALISASI PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENGUKUR SIKAP DAN KETERAMPILAN PADA SUBKONSEP DAUR ULANG LIMBAH

MITA ZANNA PUSPITA, 125040028 (2016) OPTIMALISASI PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENGUKUR SIKAP DAN KETERAMPILAN PADA SUBKONSEP DAUR ULANG LIMBAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B. BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B. BAB II.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penilaian autent ik merupakan penilaian yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan di lapangan, dimana guru belum secara optimal menerapkan penilaian autentik. Sehingga siswa kurang mengem bangkan potensi serta kemampuan dirinya dalam hal sikap dan keterampilan. P enelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan penerapan penilaian autentik dalam mengukur sikap dan keterampilan pada subkonsep daur ulang limbah . Penelitian ini merupakan p enel itian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Pre - Experimental Designs (nondesigns). Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 7 SMA Negeri 20 Bandung. Instrumen yang digunakan berupa rubrik penilaian sikap dan keterampilan, angket siswa serta wawancara kepada narasumber ahli. Data dianalisis dengan menggunakan rumus perhitungan rubrik penilaian, skala Likert, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta validitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian autentik dalam mengukur sikap dan keterampilan dapat dikatakan optimal dengan perolehan nilai rata - rata 86,25 pada ranah sikap dan perolehan nilai rata - rata 85,50 pada ranah keterampilan yang termasuk dalam kategori sangat baik. Respon siswa terhadap penerapan penilaian autentik dalam mengukur sikap dan keterampilan juga menunjukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran menggunakan penilaian autentik. Hasil wawancara dengan narasumber juga menjelaskan bahwa penlaian autentik da pat berjalan secara optimal dengan melaksanakannya secara sungguh - sungguh. Kata kunci: Optimalisasi, Penilaian Autentik, Ranah Sikap, Ranah Keterampilan, Daur Ulang, Limbah, dan Daur Ulang Limbah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Sep 2016 19:15
Last Modified: 23 Sep 2016 19:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12579

Actions (login required)

View Item View Item