PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TERHADAP SELF REGULATED LEARNING

MEIDA SUFIYAH, NPM. 148060013 (2016) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TERHADAP SELF REGULATED LEARNING. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
MEIDA SUFIYAH MTK_.docx

Download (94kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menerapkan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan penerapan pembelajaran Problem Based Learning yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematik serta dampaknya terhadap Self Regulated Learning. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ekspositori, (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ekspositori, (3) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematik dan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik, (4) Sikap Self Regulated Learning peserta didik positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL); berpikir kreatif matematik; kemampuan pemecahan masalah matematik; Self Regulated Learning

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Sep 2016 17:33
Last Modified: 23 Sep 2016 17:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12555

Actions (login required)

View Item View Item